Mengatasi Stres di Tempat Kerja dengan Cara Pria

stres

Stres punya kecenderungan buruk yang dapat merenggut kegembiraan hidup anda. Stres membuat anda tak bisa tidur, membuat relasi dengan pasangan maupun dengan rekan kerja menjadi terganggu. Kabar baiknya, ada cara yang bisa di pelajari untuk mengatasinya. Dr Georgia Witkin, psikiater, penulis buku dan pemandu acara FOX News Channel memberikan beberapa tips dan masukan untuk menjinakkan monster stres di tempat kerja.

Serangan stress

Tugas-tugas yang harus anda selesaikan dalam to do list yang panjangnya sampai bermeter-meter. Dalam keadaan seperti itu, setiap detik menjadi interupsi sehingga anda tak bisa konsentrasi dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan. Ditambah dengan rekan-rekan yang terus meminta anda melakukan ini dan itu. Secara perlahan, anda merasa seperti terdesak. Upayakan anda jangan panik dan terpancing emosi. Tenangkan pikiran anda.

Stres dapat menyebabkan akibat yang sangat serius terhadap kesehatan, begitu menurut Dr Georgia Witkin, dalam buku Female Stress Syndrome Survival Guide. “Sebagian dari symptom stres benar-benar khas perempuan,”katanya. “Kita 90% lebih sering mengalami migraine. Kita lebih sering eating disorder, lebih sering dipresi, dan lebih sering mendapat serangan panik.”

Sehubungan dengan itu, kemungkinan bos anda yang pria tidak mengenali simptom-simptom ini atau pura-pura tidak mengerti sambil terus menambah tugas yang harus anda selesaikan, yang membuat semuanya jadi lebih buruk lagi. Anda bisa menetapkan batasan yang jelas jika mengenali simptom ini, lalu minta bos untuk sementara mengurangi beban kerja sampai kesehatan anda kembali prima untuk menangani pekerjaan-pekerjaan itu.

Atasi dengan cara pria

Mungkin kaum pria tidak mengetahui kekhawatiran-kekhawatiran perempuan karena mereka menghadapi stres dengan sudut pandang yang berbeda. Salah satu perbedaan besar antara pria dan perempuan adalah, kaum pria menangani stres harian dengan cara yang berbeda dan lebih efektif dibanding perempuan.

Bagaimana caranya? Menurut Witkin, kaum pria menangani stres dengan cara yang lebih menyenangkan. Sebelum ketegangan anda memuncak di tempat kerja, coba lakukan langkah-langkah sederhana dari kaum pria.

Istirahat

istirahat

“Setiap kali selesai mengerjakan tugas, pria akan mengambil waktu istirahat. Setiap 27 menit pria bangun dari kursinya,” katanya. “Mereka tidak duduk terus di sana sepanjang hari dan menerima telpon. Mereka berdiri,atau mendengarkan musik melalui headphonenya, jalan-jalan, pergi ke pantry untuk menikmati secangkir kopi. Jika diperlukan, mereka membawa kertas-kertas tugas yang harus di selesaikan. Walaupun terlihat santai, mereka ampak sedang bekerja. Dan cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi beban stres mereka.”

Bercanda

bercanda

“Jika pria memerlukan dukungan dari rekan-rekannya. Mereka berseloroh atau menceritakan lelucon”katanya.

“Mereka angkat telepon dan memulai percakapan dengan menceritakan lelucon. Perempuan jarang melakukan hal ini. Kita hanya duduk saja. Ketika telepon berdering, kita hanya menjawab seperlunya dengan cara yang formal. Kebanyakan dari perempuan hanya mengatakan, ada apa? Apa yang harus saya kerjakan? Apa yang sedang terjadi pada anda? Atau, Apa yang sedang terjadi dengan saya?”

Tidak ada salahnya jika anda menjawab panggilan telepon dengan sedikit lebih rileks.

Istirahat Lagi

istrht

Kebanyakan di akhir-akhir jam kantor, kaum pria istirahat lagi. Mereka ngobrol dengan sesama rekan pria atau terlihat asyik dengan smartphonenya. Kita kaum perempuan kadang jengkel melihatnya karena merasa tak punya waktu untuk melakukan hal itu. Dan ketika pulang, Kita menyuruh orang seisi rumah untuk bersenang-senang dan bermain sehingga kita bisa menyelesaikan pekerjaan domestik. Memang, keluarga anda mungkin tergantung pada anda dalam memasak makanan. Tapi anda bisa menghidangkannya 30 menit lebih lambat dan menggunakan waktu itu untuk membebaskan dari stres baik dengan cara menyempatkan menonton TV atau sekedar bersenda gurau dengan keluarga di rumah.

Kekurangan waktu

krg wktu

Apapun usaha yang dilakukan, satu kenyataan yang dihadapi kaum perempuan adalah selalu kekurangan waktu. “Menurut hasil riset kami, rata-rata perempuan kekurangan waktu 20 menit setiap hari dari waktu yang diperlukannya” kata Witkin yang mengadakan penelitian tentang stres di Mount Sinai School of Medicine di New York City. “Yang saya maksudkan dengan waktu di sini bukan waktu untuk meditasi, atau waktu untuk mandi berendam air hangat seperti yang dianjurkan para ahli agar anda mendapat kesejahteraan batin. Perempuan sekarang selalu kekurangan waktu yang merupakan penyebab stres terbesar.”

Sekarang, apakah anda siap untuk sesuatu yang benar-benar ironis? Kita bisa mengurangi stres kita secara drastis dengan cara istirahat total 20 menit setiap hari. Caranya bisa dengan memecah waktu 20 menit ini dalam 5 menit selama sehari. Jika anda sedang menunggu lift atau menunggu kopi anda mendidih, coba sengaja istirahat 5 menit. Lalu apa yang harus dilakukan?

“Anda bisa melakukan apa saja,” kata Witkin. “Jika anda senang berdoa, berdoalah. Jika anda senang bersenandung, lakukanlah. Anda juga bisa melakukan meditasi. Dan saya melakukan apa yang saya sebut sebagai ‘pernapasan bayi’. Pernapasan bayi itu halus. Gerakan perut ke atas dan ke bawah.” Selain itu, anda juga bisa melakukan semua waktu istirahat ini di meja kerja anda, atau sambil antri di kasir, di kereta api, di bus, dan sebagainya. •••

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

January 2019
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

noormagazine © 2019 All Rights Reserved