Indahnya Sedekah

images

“perumpamaan mendermakan harta di jalan Allah seperti (menanam) sebuah biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai (menumbuhkan) seratus biji” (Al-Baqarah: 261)

Segala puji bagi allah yang telah memberikan kesempatan kepada hamba-hamba-Nya untuk mencari dan menemukan rahasia di balik firman-Nya tentang keutamaan dan pahala yang Engkau janjikan kepada orang-orang yang mendermakan hartanya di jalan-Mu sebagai orang yang menanam sebiji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai menumbuhkan seratus biji.

Namun disisi lain, Engkau memberikan kepada manusia itu nafsu yang cenderung menghitung-hitung secara sistematis kekayaan duniawi yang dimilikinya. Nafsu serakah pada dunialah yang membuat seseorang menganggap bahwa mengeluarkan harta itu sama dengan mengurangi harta, itulah yang sering kali menjadi penghalang (hijab) bagi seseorang sehingga enggan untuk mendermakan hartanya dan mendorong kepada kekikiran.

Hanyalah orang-orang yang mampu menegndalikan hawa nafsu nya hanya dapat menangkap maksud dari kiasan yang beberapa kali telah engkau sebutkan dalam ayat-ayatmu yang mulia. Maka berbahagialah orang yang dapat memetik rahasia dibalik kedermawanan merekalah yang merasakan manisnya iman melalui sedekah. Merekalah yang merasakan indahnya sedekah.

Rasulullah Saw mengibaratkan bahwa kedermawanan itu bagaikan pohon di surga yang dahan-dahannyamenjulur kedunia. Maka barang siapa yang mengambil satu dari dahan dari pohon surga, maka dia akan dibimbingnya ke surga. Sedangkan sifat kikir itu bagaikan pohon di neraka yang dahan-dahannya menjulur kedunia.

Maka barangsiapa mengambil sebatang dahan dari pohon di neraka, maka dia akan dihalau ke neraka. Dan dalam sabdanya yang lain, beliau menyebutkan akan rahasia dari para kekasih Allah. Menurut Rasulullah, para kekasih Allah itu memperoleh luasnya rahmat dan ridha Allah bukan karena ibadahnya, melainkan karena kedermawanan dan kepedulian terhadap penderitaan sesama. (Washiatul Mustafa)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

June 2018
M T W T F S S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

noormagazine © 2018 All Rights Reserved