Menikmati Indahnya Ramadhan di Negeri Sakura Oleh Ita Purwita Sundari

IMG-20180528-WA0007

 

Bulan Maret 2018, saya mengikuti suami untuk tinggal sementara di Jepang. Suami yang saat ini sedang mengambil program Master di Keio University.  Kami tinggal di daerah yang bernama Fujisawa. Fujisawa, perfektur yang lumayan dekat dengan Tokyo, dapat di tempuh dengan waktu 1 jam perjalanan menuju Tokyo menggunakan kereta. Perfektur ini juga terdapat Keio University, jadi untuk menuju ke kampus cukup menggunakan kereta atau sepeda.

Saya sempat bekerja di sebuah perusahaan BUMN Malaysia, PETRONAS sampai akhirnya saya memutuskan untuk sementara waktu menemani suami berkuliah di Jepang. Masa peralihan dari seorang pekerja kantoran menjadi ibu rumah tangga di negeri orang cukup mengharuskan saya untuk melakukan banyak penyesuaian suhu, budaya, makanan, lingkungan dan pergaulan sosial setempat.

Screenshot_2018-05-27-23-00-29-31_mh1527429651229 (1)

Bulan pertama berada di Jepang, saat memasuki musim semi dimana akhir Maret sampai pertengahan April bunga Sakura bermekaran di seluruh Jepang. Sungguh sangat indah dan sejauh mata memandang terdapat bunga-bunga bermekaran menghiasi penjuru kota berwarna putih dan merah muda.

Suhu di Jepang saat musim semi berada diantara 13-16 derajat celcius, cukup dingin untuk seorang Indonesia yang biasa hidup di negara tropis seperti saya, namun penyesuaian demi penyesuaian setiap harinya menjadi terbiasa juga akhirnya.

Memasuki bulan suci Ramadhan, jelas tak semeriah berada di Indonesia. Seperti biasanya, saya dan suami menyiapkan makanan seminggu kedepan dengan berbelanja di Toko Sayuran dan daging halal yang berada dekat dengan apato kami. Tidak sulit untuk menjangkau kota yang satu dengan yang lainnya, selain akses transportasi yang sangat lancar khususnya kereta, jadwalnya pun selalu tepat.

Kesan selama tinggal di Jepang, rasa merasa cukup nyaman dengan segara keteraturan kedisiplinan nya. Beberapa penduduk lokal yang biasa saya jumpai di stasiun ataupun di toko sayuran tidak memandang asing wanita berhijab yang ada didepan mereka, mereka justru sangat ramah dan sesekali ada yang bertanya berasal dari negara mana saya, ketika menjawab  Indonesia, beberapa diantaranya tersenyum dan ada juga yang bisa mengucapkan sapaan Bahasa Indonesia.

Ramadhan di Jepang saat ini memasuki musim panas, peralihan dari musim semi ke musim panas, alhamdulillah suhu lebih bersahabat sekitar 20-22 derajat celcius. Imsak pada jam 3 shubuh dan buka puasa jam 7 malam, lamanya berpuasa sekitar 16 jam.

Pada saat awal Ramadhan, kami ikut menonton Matsuri dari siang sampai sore hari sambil ngebuburit. Matsuri adalah perayaan atau festival yang biasa dirayakan oleh penganut Shinto dan diselenggarakan oleh kuil setempat dan perayaan nya bisa sepanjang tahun. Menariknya kami berbincang dengan beberapa orang yang merayakan festival ini dan mereka sangat terbuka dan ramah kepada kami.

SAM_6800-0_mh1527429182631

Komunitas muslim di Keio University, mengadakan acara buka puasa bersama setiap hari Sabtu dengan boleh membawa keluarga. Acaranya menarik, kita membawa bahan makanan masing-masing dan memasak menu khas negara masing-masing. Beberapa teman muslim kami diantaranya dari Yaman, Kenya, Suriah dan Indonesia.Semua membawa bahan makanan yang akan diolah menjadi masakan khas dari negara kami masing-masing. Minuman buah-buahan rasa leci, jeruk, apel dan manga. Teman-teman dari Timur Tengah memasak ayam kaldu dan ayam panggang, dan kami membuat bala-bala, tahu isi dan kolak. Sepertinya banyak yang menyukai kolak buatan teman-teman Indonesia karena rasanya yang khas dan kolak berisi labu dan ubi yang sangat manis.

Beberpa cerita yang cukup menyentuh adalah teman-teman kami yang berasal dari Suriah, ada yang sedang menyelesaikan program Doctoral (S3) ada juga yang sudah bekerja bahkan menjadidosen, mereka tidak bisa pulang kenegaranya hampir selama 5 tahun dikarenakan konflik dan perang yang terjadi di negaranya.

Melalui acara buka puasa bersama inilah kami menemukan banyak cerita baru, teman baru, menu masakan baru dan merasakan hangatnya kebersamaan Ramadhan dengan saudara seiman dari berbagai negara disini.

Teks : Yopita | Foto : Istimewa

 

 

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

May 2018
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

noormagazine © 2018 All Rights Reserved