Menikmati Indahnya Ramadhan di Negeri Sakura, Oleh : ita purwita sundari

IMG-20180528-WA0007

Sejak bulan Maret 2018 saya mengikuti suami saya, Adnan Fabyandi untuk tinggal di Jepang. Tepatnya di Perfektur Fujisawa. Kami tinggal disini karena kampus suami, Keio University berada di perfektur ini dan jarak dari apato ke kampus bisa ditempuh dengan bersepeda.

 

Sebelumnya saya bekerja di perusahaan minyak Malaysia, PETRONAS dan akhirnya memutuskan untuk sementara waktu menemani suami menyelesaikan program master di Keio University.

 

Masa peralihan dari seorang pekerja kantoran menjadi ibu rumah tangga di negeri orang cukup mengharuskan saya untuk melakukan banyak penyesuaian suhu, budaya, makanan, lingkungan dan pergaulan sosial disini.

SAM_6800-0_mh1527429182631

Pada saat pertama pindah ke Jepang, alhamdulillah sudah memasuki musim semi dimana akhir Maret  bunga sakura bermekaran. sungguh sangat indah sejauh mata memandang bunga sakura berwarna pink dan putih terpampang dengan cantiknya.

 

Suhu saat itu masih cukup dingin, sekitar 13-16 derajat celcius dan sangat terasa dingin untuk seorang Indonesia yang terbiasa hidup di negara tropis seperti saya.

 

Beruntungnya dekat dengan apato kami, ada grocery store yang menjual daging ayam dan makanan kaleng berlebel halal. Biasanya saya belanja bahan makanan seminggu sekali dengan menggunakan sepeda atau kereta.

Screenshot_2018-05-27-23-00-29-31_mh1527429651229 (1)

Saya cukup nyaman tinggal di Jepang karena selain lingkungannya yang serba teratur, disini pun hampir sebagian besar penduduk lokal yang saya temui cukup ramah bahkan mereka tidak melihat ada yang aneh karena saya menggunakan hijab.

 

Ketika saya menjelaskan saya dari Indonesia, tampaknya mereka sudah sangat familiar dengan Negri kami.

 

Ramadhan kali ini masuk pada peralihan musim semi ke musim panas dimana suhu sudah hangat sekitar 19-22 derajat celcius, sejuk.  Lamanya kami berpuasa selama 16 jam, Imsak sekitar jam 2 dan berbuka puasa jam 7 malam.

 

Pada saat awal Ramadhan, kami ikut menonton Matsuri dari siang sampai sore hari sambil ngbuburit. Matsuri semacam perayaan atay festival yang biasa dirayakan oleh penganut agama shinto dan diselenggarakan oleh kuil setempat dan perayaannya bisa sepanjang tahun. Lucunya, beberapa orang diantara yang ikut Matsurian datang dan bertanya dari negara mana saya berasal, mungkin karena saya terlihat mencolok dengan hijab tapi setelah tahu saya dan suami dari Indonesia mereka pun sangat ramah kepada kami.

 

Komunitas muslim di Keio University, mengadakan acara buka puasa bersama setiap hari Sabtu dengan boleeh membawa keluarga. Acaranya menarik, kita membawa bahan makanan masing-masing dan memasak menu khas negara masing-masing. Beberapa teman muslim kami diantaranya dari Yaman, Kenya, Suriah dan Indonesia.

 

Mereka membawa minuman berbagai rasa seperti lecy, jeruk dan apel. Dan memasak ayam panggang atau ayam kaldu khas Timur Tengah yang enak sekali, kalau kami dari Indonesia membuat opor ayam bala-bala dan tahu isi, Teman-teman dari Indonesia sepakat untuk membuat kolak dan ternyata disukai karena rasa ubi dan labu di jepang manis sekali, tidak ada kurma dalam buka puasa kami mungkin karena mencari kurma disini agak susah.

 

Ada cerita sedih dari beberapa mengenai beberapa teman dari suriah yang tidak bias kembali ke negaranya karena perang, mereka hidup sudah bertahun-tahun di jepang kuliah S3 dan menjadi dosen. Hamper 5 tahun mereka tinggal di jepang dan setiap idul fitri mereka rayakan di jepang.

 

Melalui acara buka puasa bersama inilah kami menemukan banyak cerita baru, teman baru, menu masakan baru dan merasakan hangatnya kebersamaan Ramadhan dengan saudara seiman dari berbagai negara disini.

 

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

May 2018
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

noormagazine © 2018 All Rights Reserved