Perempuan Indonesia Menerima Penghargaan Internasional

Green Talents Award Berlin, Bundesbildungsministerium, 27.10.2017 Fotograf: HC Plambeck

Perempuan Indonesia kembali mengharumkan nama Indonesia lewat kiprah di bidang teknologi lingkungan lewat penghargaan bergengsi “Green Talents Award 2017”

Dr. Aretha Aprilia, ahli di bidang energi dan lingkungan dari Indonesia, baru-baru ini menerima penghargaan internasional “Green Talents award 2017″ di Berlin pada 27 Oktober 2017. Penghargaan tersebut dianugerahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Penelitian Jerman karena terkesan dengan semangat Aretha dalam upaya memperbesar akses energi terbarukan untuk semua orang di Indonesia, termasuk mereka yang hidup di desa terpencil.

Adapun yang menjadi minat riset Aretha terkait transisi energi dari fosil ke energi terbarukan, khususnya mengenai dampak kebijakan energi terbarukan terhadap penetrasi teknologi energi terbarukan di Indonesia. Dia meraih gelar PhD di bidang Energy Science dari Kyoto University Jepang, dengan gelar S-1 Sarjana Teknik dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro. Saat ini ia bekerja di CDM Smith Jakarta – sebuah perusahaan konsultan teknik Amerika yang kini diberi mandat untuk mengawasi pelaksanaan proyek energi terbarukan berbasis masyarakat di Indonesia. Sebelumnya Aretha pernah bekerja di berbagai institusi internasional, termasuk United Nations Environment Programme (UNEP) di Bangkok, Thailand.

“Selama perjalanan dari Stuttgart ke Munich, saya melihat banyak sekali panel tenaga surya (solar PV) di atap-atap bangunan selain juga pembangkit listrik tenaga angin. Kini saatnya bagi Indonesia untuk turut melakukan tindakan nyata, dan fokus pada akselerasi energi terbarukan. Hal ini hanya bisa terwujud apabila terdapat dukungan penuh dari pemerintah melalui kebijakan yang pro-energi terbarukan. Saya juga tidak menolak apabila suatu hari nanti diberi amanah sebagai pengambil keputusan untuk mengatasi masalah energi di Indonesia,” ujar Aretha, ibu dari dua anak, yang kini bermukim di Indonesia setelah 10 tahun hidup merantau di empat  negara.

Semangat Green Talent Untuk Dunia

Aretha adalah satu-satunya dari Indonesia yang termasuk di antara 25 penerima penghargaan yang terpilih dari 21 negara, di antaranya Amerika Serikat, Australia, Swedia, Rusia, China, Brazil, dan berbagai negara lainnya. Para penerima penghargaan tersebut diundang untuk berpartisipasi dalam international forum di Jerman selama dua minggu, dimana mereka mengunjungi berbagai universitas, institut penelitian, dan perusahaan yang mengadopsi visi dan misi keberlanjutan.

Adapun program penghargaan tahun ini mengusung tema “Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan”. Para penerima penghargaan akan diundang kembali ke Jerman pada tahun 2018 untuk melakukan penelitian di institusi pilihan masing-masing yang sepenuhnya didanai oleh pemerintah Jerman.

Dalam pidato sambutannya, Falko Leukhardt dari German Council for Sustainable Development menekankan pentingnya program ‘Green Talents’ untuk kerjasama ilmuwan internasional masa depan: “Saya sangat terkesan dengan prestasi ilmiah dan motivasi kuat dari para Green Talents tahun ini. Penelitian mereka jelas membuat kontribusi untuk mengatasi tantangan global dan kami senang mereka akan menjadi bagian dari dunia penelitian Jerman.”

Aretha sendiri pernah menerima beberapa beasiswa bergengsi, di antaranya Schlumberger Foundation fellowship untuk program doktoral di Jepang, Nuffic Fellowship Program untuk studi master di Belanda, dan beasiswa dari Exxon Mobil untuk studi S-1 di Undip. Awal tahun ini, dia menerima penghargaan ’50 Most Impactful Green Leaders’ di Mumbai India, dan nominator penghargaan ‘Most Powerful Woman’ oleh majalah Her World Indonesia pada 2013.

 

Teks: Shiera | Foto: Dok. Pribadi

Baca selengkapnya di Majalah NooR vol. XXVII tahun 2017.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

March 2018
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

noormagazine © 2018 All Rights Reserved