“SYIAR ONLINE”

IMG_20180223_014103Banyak cara untuk menebar kebaikan, salah satunya dengan memanfaatkan media social.

Pemanfaatan media social saat ini juga menjadi pilihan para tokoh ulama untuk menyampaikan syiar. Tidak hanya membuat lebih dengan umat tapi pesan yang mereka sampaikan juga bisa diterima oleh kalangan umat yang lebih luas, terutama kalangan milenial yang sehari-harinya akrab dengan media social.

“Pesan yang disampaikan di media social terutama twitter juga bisa membuat kita lebih interaktif,” ujar Yusuf Mansyur yang akunnya termasuk dalam dftar tokoh yang memiliki jumlah followers terbanyak di Indonesia. Ustadz yang mengusung semangat bersedekah ini secara rutin menyampaikan syiar tentang dahsyatnya sedekah diselingi dzikir dan wirid untuk ketenangan batin. Salah satu cuitannya yang banyak dicuit ulang pengikutnya adalah, “jangan pendekkan siang dengan dosa dan jangan panjangkan malam dengan tidur.” Saat ini jumlah pengikut dari pemilik akun @Yusuf_Mansyur sudah menembus angka 3 juta.

Syiar lewat media social juga dilakukan Abdullah Gymnastiar lewat akun @aagym yang diikuti lebih lebih dari 2,4 juta followers. Kultwitnya yang berbunyi, “kebaikan itu meninggalkan sinar di wajah, cahaya di hati, keluasan rezeki, kekuatan fisik dan kecintaan dalam hati orang. Sedangkan kejahatan mengakibatkan kegelapan di wajah, di kubur dan di hati, kelemahan di badan dan kekurangan rezeki (yang berkah),” telah dicuit ulang ratusan kali oleh para pengikutnya.

Nama Felix Siauw mulai dikenal setelah lewat akun @felixsiauw rutin mencuitkan larangan keras pacaran sebelum menikah. Bahkan kumpulan cuitan di akun yang diikuti lebih dari 2,4 juta pengikut itu diterbitkan dalam sebuah buku yang berjudul “Udah, putusin aja!”. Lewat cuitan yang kemudian dibukukan itu, Felix mengingatkan para pengikutnya tentang mudaratnya berpacaran dalam Islam.

“Datangilah ayahnya bukan puterinya bila benar engkau lelaki, jangan berani maksiat lalu hari #UdahPutusinAja”. Merupakan salah satu cuitannya yang telah dicuit ulang ratusan kali hingga membuat hastag #UdahPutusinAja sempat menjadi trending topic.

Syiar on Youtube

Tidak hanya memanfaatkan akun twitter dan instagram serta facebook, banyak pula tokoh agama yang memanfaatkan sarana youtube untuk mesyiarkan dakwahnya.

Salah satu Ustadz yang dikenal karena unggahan ceramahnya di youtube dan facebook adalah Nur Maulana dan Ustadz Somad. Cara berdakwah mereka yang mudah dipahami masyarakat diselingi humor membuat nama kedua ustadz ini cepat dikenal. Bedanya, Ustadz Somad lebih memilih berdakwah dari majelis ke majelis, sedangkan Ustadz Nur Maulana kini eksis di sebuah stasiun televisi swasta.

Karena pembawaannya saat berceramah dianggap berbeda, Ustadz Nur Maulana bahkan sempat di kritik netizen yang kurang suka dengan gaya berdakwahnya.

“Berdakwah itu kan bisa dilakukan dengan media apa saja yang penting pesannya bisa sampai, kalau mamah, dakwahnya di televisi berarti pesannya hanya bisa diterima oleh yang menonton acara mamah”.  Ujar Ustadzah yang selalu menjadikan Al-qur’an dan Hadist sebagai solusi setiap curhat yang disampaikan masyarakat padanya.

Media social memang pilihan cerdas untuk penyampaian pesan yang lebih luas, termasuk dalam menyampaikan syiar Islam.

 

 

Teks : Ade | Foto: Dok. NooR & Istimewa

 

Baca selengkapnya di Majalah NooR Volume XXVII tahun 2017

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

February 2018
M T W T F S S
« Aug   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

noormagazine © 2018 All Rights Reserved