Callind, Aplikasi Sosial Karya Gadis Kebumen


Fokus-Novi

 

Siapa menyangka, kalau seorang gadis dari Kebumen mampu menciptakan sebuah aplikasi sosial yang diperkirakan mampu menandingi aplikasi sosial sebelumnya. Siapakah sebenarnya muslimah cerdas ini?

 

Nama Novi Wahyuningsih memang belum sepopular Jan Koum, seorang tukang sapu yang menemukan aplikasi WhatsApp dan juga belum seterkenal Mark Zuckerberg, mahasiswa yang kelak mendapat gelar kehormatan dari Universitas Harvard meski dia tidak pernah lulus dari kampusnya tersebut. Novi hanyalah gadis biasa asal kota Kebumen yang di usia belia mampu mematahkan stigma bahwa menjadi programmer andal adalah ranahnya kaum pria.

Di balik penampilannya yang sederhana, Novi Wahyuningsih adalah seorang pengusaha sekaligus programer andal. Meski usianya  masih muda, kelahiran 6 November 1991 ini sudah menjadi Direktur Utama di sejumlah perusahaan IT yang didirikannya, yaitu PT Wahyu Global Abadi, PT Rise Solution International dan PT Callind Network International. Selain itu, Novi juga menemukan aplikasi sosial semacam WhatsApp, BBM dan Telegram yang dia beri nama Callind.

Aplikasi Callind yang kini sudah bisa diunduh di Playstore itu memungkinkan para penggunanya untuk melakukan obrolan pribadi (chatting), Broadcast Message, mengirim foto, menelepon hingga video call. Meski belum diluncurkan secara resmi karena masih mempersiapkan peresmian kantornya di Jakarta, namun aplikasi ini sebenarnya bukanlah aplikasi pertama yang ditemukan Novi. Melalui perusahaannya yang berbasis di Malaysia, Global Century Limited, Novi sudah mengembangkan MeoTalk di awal 2015.

Seperti halnya media sosial lainnya, aplikasi yang temukan Novi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengobrol secara tulisan, suara dan gambar melalui video. Selain itu, aplikasi MeoTalk juga menawarkan uang virtual, yakni G-Point yang bisa dibelanjakan di merchant tertentu. Keberhasilan aplikasi ini pula yang mengantarkan Novi menjadi CEO MeoTalk untuk Indonesia dan bertugas mengembangkan aplikasi ini di tanah kelahirannya.

Setelah berhasil merilis MeoTalk, Novi kemudian melepas aplikasi tersebut kepada perusahaan tempatnya bekerja dan Novi fokus pada aplikasi terbarunya, Callind sebagai aplikasi asli buatan Indonesia dari gadis Kebumen.

 

Merintis Bisnis Dari MLM

Keberhasilan Novi di bidang IT memang tidak didapatkannya dengan mudah. Semua penuh perjuangan dan pengorbanan. Sejak masih kuliah di D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, anak dari pasangan Darman (52 tahun) dan Rasmi (45 tahun) ini sudah getol menjalankan bisnis MLM. Dia bahkan rela menjual motor kesayangannya untuk modal awal bisnisnya itu. Nyatanya, pengorbanan itu tidak sia-sia. Hanya dalam kurun delapan bulan, nama Novi mampu berada di jajaran atas perusahaan MLM itu. Sayang, karena sistem bisnis MLM itu mulai dirasakan tidak sesuai dengan hati nuraninya, Novi kemudian memutuskan berhenti.

Novi pun kembali fokus kuliah hingga menyelesaikan pendidikan sarjananya di STIE Putra Bangsa Bekasi. Dia menjalani pendidikannya sambil bekerja di sebuah warnet karena orang tuanya hanya mampu mengiriminya uang saku Rp 200 ribu setiap bulannya.

Selama bekerja di warnet itu pula, Novi mulai belajar trading, membuat blog, website dan bahkan hacker. Pengetahuan itu pula yang membuat gadis asal desa Tepakyang ini nekad menjual laptopnya untuk bermain trading forex dan valas secara online. Dari modal penjualan laptop seharga Rp 3 juta, Novi berhasil mengembangkan modalnya menjadi Rp 25 juta. Dari sinilah kisah sukses peraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Bina Nusantara Jakarta ini dimulai. Kini, aplikasi temuan Novi sudah bisa diunduh di Playstore.

 

Teks : Ade dan berbagai sumber | Foto : istimewa

Baca Selengkapnya di Majalah NooR volume XXVII 2017

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

February 2018
M T W T F S S
« Aug   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

noormagazine © 2018 All Rights Reserved