Allah Maha Indah Serta Mencintai Keindahan

Ajaran Muhammad berhasil membentuk kekuatan politik baru, selain itu juga terbentuk suatu identitas budaya dan seni yang khas, hingga abad keduapulusatu ini seni Islam menyebar di seantero dunia berupa seni sastra, kaligrafi, ornamen, arsitektur, kriya dan seni suara.

Alquran memiliki nilai sastra yang  tertinggi mengungguli karya-karya sastra manapun sepanjang masa. Ungkapannya padat, tapi mengandung pengertian yang luas dan mendalam. Seni sebagai  hasil karya yang merefleksikan jiwa yang bersih dan manusia yang berbudi perangai mulia. Karya seni dibidang apapun harus ditampilkan untuk tujuan  memajukan syiar Islam. Baik puisi maupun prosa bertemakan pengajaran Islam. Karya-karya seni yang abadi sepanjang masa selain alquran diantaranya kisah-kisah Seribu satu malam, Khalilah wal Dimnah, Masnawi nya Rumi adalah karya-karya yang mendidik. Kebudayaan dan peradaban berkembang bersama bahasa dan bertujuan memberikan pengarahan dan bimbingan untuk pembinaan kepribadian dan akhlak.

ilustrasi

ilustrasi

Dilarangnya  lukisan, gambar-gambar dan patung-patung benda-benda hidup untuk menjaga kesucian dan kemurnia keimanan agar tidak memberhalakan benda-benda itu. Kenyataan ini justru memicu pengembangan seni-seni  yang memiliki keindahan yang khas dalam   ornamen dekorasi tempat-tempat ibadah. Sulu-sulur tanaman, bunga dan buah-buahan digambarkan sebagai hiasan yang indah juga pada karpet dan sutera  yang mencapai tingkatan yang sempurna penampilannya. Bentuk-bentuk geometris yang tak terbatas jenisnya digunakan sebagai ornamen dekoratif diberagam kriya. Tembikar, logam, atau mozaik untuk interior atau eksterior bangunan. Guci, lampu-lampu, piring , cangkir  dilukis dengan kilauan yang cemerlang, dihiasi dengan kilasan peraknya cermin dan warna-warni pelangi.

Seni kaligrafi diilhami Al Quran yang menyeru manusia untuk mengabadikan kalimat ALLAH. Kaligrafi merupakan seni khas Islam yang tidak ada dalam agama lain. Seni penjilidan buku, pewarnaan dan ilustrasi alquran berkembang pesat bersama kaligrafi. Keindahan, kemurnian, keagungan, kesederhanaan dan keunggulan seni kaligrafi dan ukiran di Alhambra, Granada  masih menakjubkan sampai kini. Alhambra sebagai karya seni yang sempurna dalam  berbagai bidang kehidupan dari arsitekturnya, sistem pengairannya, taman-tamannya akan abadi , karena mencerminkan keluhuran budi dan ketinggian ilmu yang dikembangkan saat itu.

 Seni irama membaca alquran menciptakan dan mengembangkan  musik ketingkatan yang tinggi. Seni qiraah memiliki kekuatan yang bisa memikat hati dan memanggil manusia dengan kata-katanya dan iramanya yang mulia, murni dan agung. Seni itupun bisa meningkatkan derajat manusia kealam moral dan spiritual yang lebih tinggi, memberikan kedamaian dihati dan menjauhkan dari hal-hal yang diliputi kesenangan hidup yang duniawi.

Di Indonesia para WaliSongo mengembangkan seni pewayangan sebagai sarana dakwah saat itu. Dengan merubah, menambahkan dan mengisi ajaran-ajaran alquran kedalam kisah-kisah Mahabarata dan Ramayana mereka berhasil  mensyiarkan dienul Islam dalam masyarakat yang saat itu beragama Hindu. Memang zaman selalu berubah, budaya dan tekhnologi silih berganti namun selama kita berpegang teguh pada kalam Ilahi , insyaALLAH kita akan dapat bertahan dan tidak akan terhanyut oleh perubahan zaman.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

July 2017
M T W T F S S
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

noormagazine © 2017 All Rights Reserved