Tupperware-Cerdas Beraktivitas di Dapur

tupperware

Teks: Shiera / Foto: Dok Tupperware

Seringkali kita menganggap lemari es bisa membantu mengawetkan makanan baik yang disantap hari ini atau untuk beberapa hari kedepan. Hal ini karena suhu dinginnya dapat menghilangkan ancaman kotoran dan kuman penyakit. Sebetulnya kebiasaan seperti ini bisa merugikan kita. Mengapa? Tanpa disadari kita sering membeli banyak bahan makanan dan menyimpannya begitu saja di dalam lemari es. Sehingga makanan tersebut akan menumpuk, membusuk ataupun kadaluwarsa. Padahal, dengan lemari es yang penuh dapat menyebabkan suhu dingin menjadi tidak optimal, sering terjadi kontaminasi silang dan tidak lagi higienis. Tak hanya itu lemari es juga terlihat tidak rapi, dan berantakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini Tupperware memberikan solusi praktis untuk penataan lemari es yang lebih rapi dan bersih. Menggunakan rangkaian Fridge Collection dengan warna baru bernuansa hijau yang bisa membuat tampilan isi kulkas kian segar. Salah satu produk terbaru dalam rangkaian Tupperware Fridge Collection ini adalah Fresh Lime Collection. Hadir dengan 3 ukuran berbeda yakni Jumbo Stak N Stor dengan kapasitas terbesar 3.1 L, Large Stak N Stor berkapasitas besar 2.1 L dan Medium Stak N Stor berkapasitas medium 1.3 L. Tupperware juga memiliki koleksi wadah lainnya, yakni Modular Bowl dengan kapasitas 1,5 liter dan 1 liter untuk menyimpan makanan berkuah atau makanan berlebih agar tetap segar dan tahan lama. Kemudian, Compact Bowl High dengan kapasitas 650 ml. Kesemuanya didesain khusus untuk kemudahan dan kenyamanan penyimpanan di dalam lemari es yang stackable. Selain itu produk ini juga mudah disusun membuat ruangan dalam lemari es dapat digunakan secara maksimal dan memiliki seal (penutup) ketat udara sehingga makanan terhindar dari kontaminasi bakteri, makanan terjaga tetap higienis dan tetap segar. Nah, tak ada salahnya mulai dari sekarang jaga kesegaran dan nutrisi makanan Anda dengan penyimpanan yang tepat.

Tips cerdas gunakan lemari es

Idealnya, jarak antara lemari es dan dinding adalah 10-15 cm. Sedangkan batas jarak dengan langit langit 30 cm. Mengapa harus demikian? Hal ini disebabkan lemari es mengeluarkan hawa panas. Jika udara sekitarnya tidak bersirkulasi dengan baik, kerja lemari es dalam mempertahankan suhu rendahnya akan semakin berat. Temperatur lemari es selalu diatur 3-5 derajat Celsius. Semakin dingin pengaturan temperatur lemari es, membuat kinerja kompresor semakin lama sehingga konsumsi listrik pun semakin besar. Diusahakan jangan membuka lemari es terlalu lama. Tidak dianjurkan juga meletakkan lemari es berdekatan dengan peralatan dapur yang mengeluarkan panas seperti kompor, microwave, dan rice cooker. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah kebersihannya baik itu freezer, isi lemari es, dan tumpukan debu di belakang lemari pendingin ini. Mungkin banyak yang belum tahu jika tumpukan debu di bagian belakang lemari es bisa menambah pemakaian listrik sebesar 30%. Ditambah lagi dengan waktu operasional 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu, sudah tentu, lemari es mengonsumsi energi listrik sangat besar. Semakin bersih kulkas, semakin kecil energi yang dipakai untuk mempertahankan suhu.

 

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

March 2017
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

noormagazine © 2017 All Rights Reserved