Tiny Home, Big Style

094-096 coming home-1

Teks: Ade I Foto: SAS & berbagai sumber

Rumah cantik tidak identik dengan rumah yang besar dan megah. Rumah mungil juga bisa tampil menarik lewat kreativitas dan desain cerdas.

Bisnis properti yang berkembang semakin pesat dan kebutuhan untuk memiliki properti yang semakin besar membuat rumah berukuran besar tidak lagi menjadi pilihan. Kebanyakan pengembang saat ini menawarkan hunian berukuran minimalis di lahan sempit. Namun, dengan sentuhan desain yang tepat dan cerdas, rumah mungil juga bisa tampil cantik dan terkesan luas.

Sebelum memutuskan membangun rumah di lahan yang sempit tersebut, ada baiknya merencanakan konsep rumah seperti apa yang diinginkan sekaligus fungsi ruangan dan fitur tambahan yang dibutuhkan. Efisiensi pun menjadi hal penting untuk menjadi pertimbangan dalam membangun hunian di lahan terbatas.

Berikut ini cara sederhana dalam menyiasati agar rumah mungil terkesan luas dan nyaman.

094-096 coming home-6

Selektif Memilih Furnitur
Pilihlah furnitur sesuai dengan kebutuhan dan singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Banyak orang masih memiliki barang-barang nostalgia tapi sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi kecuali kenangan tersisa pada barang tersebut.
Pemilihan furnitur seperti meja, kursi maupun rak juga harus disesuaikan dengan desain dan warna dinding rumah. Warna furnitur yang sama dengan dinding rumah membuat kesan luas pada rumah.

094-096 coming home-8

Jendela Besar
Hal yang bisa membuat rumah mungil tampak luas adalah pemilihan jendela yang besar. Karena selain membuat rumah menjadi terkesan luas, jendela yang lebar juga membuat cahaya matahari leluasa masuk sehingga ruangan lebih lapang dan lebih terbuka. Selain itu, penghuni rumah dapat melihat area yang luas di luar rumah dan hal ini memberi kesan luas dari rumah.

094-096 coming home-5

Gunakan Warna Cerah
Penggunaan warna cerah, terutama putih, dapat membuat ruangan terkesan luas. Selain putih, warna-warna pastel juga bisa menjadi pilihan. Namun, banyak desainer interior mengatakan bahwa cat putih yang tidak tepat penggunaannya justru bisa membuat ruangan jadi terkesan sempit jika tidak didukung penerangan yang tepat. Karena itu, pada rumah kecil sangat disarankan untuk menggunakan penerangan yang cukup sehingga rumah yang kecil tidak menjadi semakin kecil.

094-096 coming home-7

Minimalkan Dekorasi
Rumah yang mungil sebaiknya mengurangi penggunaan meja dan kursi. Manfaatkan dinding sebagai tempat berekspresi dengan penempatan rak buku, rak benda-benda kenangan, foto, dan lukisan. Namun, semua itu harus tetap proporsional dan tidak berlebihan.

094-096 coming home-11

Ruangan Multifungsi
Untuk menyiasati rumah ukuran mungil agar terkesan luas juga dapat dilakukan dengan mendesain ruangan yang multifungsi. Misalnya, ruang tamu yang juga berfungsi menjadi ruang keluarga atau penggabungan beberapa ruangan sekaligus.

094-096 coming home-9

Manfaatkan Cermin
Siasat cerdas lainnya adalah dengan memasang cermin besar di dinding. Ffungsi cermin di sini adalah untuk membantu menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan kecil menjadi tampak luas. Selain itu, cermin juga dapat menggandakan ukuran nyata dari sebuah ruangan.

Kitchen

Atap Yang Tinggi
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mendesain rumah dengan atap yang tinggi sehingga memberi kesan lapang kepada rumah.
Namun, hal terpenting dari semua siasat tersebut adalah menjaga rumah tetap bersih dan rapi. Barang-barang berserakan akan membuat rumah besar sekalipun akan terlihat kumuh dan sumpek.

094-096 coming home-10

Pengecatan Langit-Langit Rumah
Banyak yang menyarankan untuk mengecat langit – langit dengan warna yang sama atau bisa juga warna lebih terang satu tingkat daripada dinding rumah. Jika cat warna dinding dan langit-langit terlalu kontras, ruangan akan tampak seperti terbelah dan rumah pun menjadi terkesan semakin sempit.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

August 2016
M T W T F S S
« Jun   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

noormagazine © 2017 All Rights Reserved