Ketika Pesona Indonesia Menyapa London

098-101 Silaturahim London-1

Teks : Ade I Foto : Tila dan Indonesian Weekend

Meski sudah berlangsung beberapa minggu lalu, kebangaan atas terlaksananya Indonesian Weekend di kota London, Inggris, masih terasa hingga saat ini. Acara yang digagas Komunitas Bangga Indonesia dan elhijab ini diharapkan mampu menjadi magnet yang menarik warga Britania untuk mengenal lebih banyak tentang Indonesia dan kemudian datang berwisata ke Indonesia.

Sejak pagi hari, warga kota London sudah memadati sepanjang Potters Field Park, taman cantik yang terletak di kawasan Sungai Thames dan ikon kota London, Tower Bridge, yang terkenal itu. Mereka tidak hanya dipuaskan dengan kuliner khas Indonesia yang mendunia seperti rendang, nasi goreng, satai hingga gado-gado tapi juga goyang Poco-Poco serta permainan tradisional Indonesia seperti gasing.

Sebagian taman yang berada di pinggir Sungai Thames pun disulap menjadi barisan tenda dan panggung yang menampilkan berbagai atraksi kesenian Indonesia. Pemilihan Potters Field Park sebagai tempat berlangsungnya acara juga karena tempat ini merupakan taman yang paling ramai dikunjungi warga London. Selain itu, taman yang berada tak jauh dari kantor Wali Kota London, Sadiq Khan, juga  merupakan tujuan utama para wisatawan yang datang ke kota London. Dalam sehari, taman ini bisa dikunjungi hingga 20 ribu orang dan angka ini pula yang menjadi target pelaksanaan Indonesian Weekend.

Memikat lewat Makanan dan Fashion
Selama acara berlangsung, bisa dikatakan kalau tenda kuliner merupakan tenda yang paling menyedot perhatian pengunjung, terutama warga Indonesia yang sedang berada di London. Kerinduan akan tanah air, terobati dengan lezatnya rendang, dan satai ayam serta gado-gado.

Selain makanan, hal lain yang menjadi daya tarik acara ini adalah peragaan busana karya desainer muda Indonesia mulai Deden Siswanto, Lenny Agustin, Geraldo Sugeng, Lisa Fitria, Yuku Moko, dan Dauky dari elhijab.

Busana yang ditampilkan pun bukan hanya busana bergaya etnik melainkan juga bergaya kontemporer dan kekinian. Tak kurang dari 30 ribu orang tercatat menyaksikan kemeriahan Indonesian Weekend. Hal ini tentu di luar bayangan sebelumnya yang tidak menyangka begitu besarnya antusias masyarakat kepada acara ini. Apalagi dengan hadirnya goyang Poco-Poco yang membuat masyarakat London dan Indonesia berbaur dalam suka cita yang sama. Di akhir acara, seluruh delegasi dan panitia menghadiri undangan makan siang dari Kedutaan Besar Indonesia di Inggris dan NooR mendapat apresiasi Bapak Dubes, Dr. Rizal Sukma, atas dukungan NooR terhadap acara ini. Semoga Indonesian Weekend tetap berlangsung pada masa-masa mendatang, sehingga tidak lagi hanya ada London Calling tapi juga ada Indonesian Calling.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

August 2016
M T W T F S S
« Jun   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

noormagazine © 2017 All Rights Reserved