Membangun Komunitas Bisnis untuk Kaum Marginal

072-074 muslimah leader-1

Teks: Shiera I Foto: Sutanto, dok. pribadi

Berkat kepedulian terhadap kaum marginal, ribuan orang kini telah bergabung dalam usaha yang dirintis muslimah belia ini. Usia memang bukan penentu seseorang dalam menebar manfaat.

Alia Noor Anoviar, perempuan kelahiran Surabaya 13 Agustus 1991 ini, memang sosok anak muda yang penuh semangat dan berkomitmen tinggi dalam melakukan pekerjaan yang menjadi amanahnya. Terutama ketika ia melihat dan merasakan begitu banyak ketimpangan terjadi di ibu kota Indonesia. Tak ingin hanya berdiam diri, ia pun menginisiasi sebuah gerakan pemberdayaan masyarakat yang diberi nama Dreamdelion pada 18 Juli 2012. ”Dreamdelioan awalnya hanya sebuah sanggar belajar anak-anak beranggotakan 15 anak-didik di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan,” ujar Alia, begitu dia akrab disapa, saat ditemui NooR belum lama ini.

Banyak penolakan
Seiring dengan berjalannya waktu, Alia pun menemukan masalah baru. Salah satunya banyak ibu di sana yang kurang produktif. Kebanyakan dari mereka berstatus sebagai pengangguran. Alia akhirnya berpikir keras; bagaimana caranya bisa membantu ibu-ibu ini agar lebih produktif. Alia pun mengajak para perempuan yang mayoritas ibu rumah tangga untuk mendaur ulang sampah dan mengolahnya menjadi produk bernilai jual. Tidak mudah memang mengenalkan program ini kepada mereka. Dreamdelion kala itu banyak mendapat penolakan. Terbukti dari 40 rumah yang didatangi, hanya tujuh orang yang berminat diajak bergabung. ”Namun, saya tidak menyerah. Modalnya adalah konsistensi terutama untuk mendapatkan dukungan dari berbagai stakeholders; baik itu keluarga, teman-teman, maupun yang berhubungan dengan komunitas.”
Alia lebih lanjut menambahkan, ”Melalui Dreamdelion, saya bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk memberikan pelatihan menjahit. Tak disangka, ibu-ibu di sana ternyata antusias. Apalagi setelah produk yang dihasilkan ibu binaan Dreamdelion ini banyak dipesan beberapa hotel ternama di Jakarta untuk dijadikan suvenir. Nah, uang hasil penjualannya digunakan untuk membiayai operasional sanggar belajar. Lambat laun bisnis daur ulang dan menjahit ini pun semakin berkembang sehingga cukup untuk mendanai kegiatan Dreamdelion,” jelas Alia.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

June 2016
M T W T F S S
« May   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

noormagazine © 2017 All Rights Reserved