Creative Woman Community (CWC): Menebar Semangat Berkarya & Berbagi

080-081 komunitas-1

Teks & Foto: Ade

Komunitas perempuan pengusaha yang berpusat di kota Bandung ini, tidak hanya menjadi wadah anggotanya untuk bersinergi dalam karya, tapi juga menularkan rasa peduli dengan sesama.

Berawal dari kesadaran bahwa perempuan memiliki potensi besar sebagai pelaku ekonomi yang mampu membuka peluang pasarnya sendiri, beberapa perempuan pengusaha di Bandung kemudian terinpirasi untuk menyatukan potensi tersebut dalam dalam satu wadah. Dengan demikian, potensi itu dapat menjadi kekuatan besar karena akan memiliki jaringan lebih luas sehingga bisa membuka peluang ekonomi jauh lebih besar.
”Selain itu, wadah ini juga bisa menjadi kesempatan bagi perempuan Bandung yang baru merintis usaha untuk mendapatkan motivasi dan inspirasi dari anggota lain yang sudah lebih dulu menekuni usahanya,” jelas Feny Mustafa, Ketua Umum CWC.
Gagasan terbentuknya komunitas ini diusung para perempuan pebinis yang peduli terhadap perekonomian bangsa, khususnya peningkatan kegiatan ekonomi keluarga. Mereka kemudian mendeklarasikan CWC pada 10 Oktober 2009 untuk memaksimalkan potensi ekonomi yang mereka miliki sehingga dapat memberikan kontribusi kepada perekonomian bangsa, minimal meningkatkan perekonomian keluarga. Hal ini sesuai dengan misi CWC yaitu untuk meningkatkan kualitas, kreativitas serta jaringan para perempuan pengusaha dan profesional yang disatukan dalam komunitas sehingga dapat berperan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan ekonomi bangsa.

Semangat Berbagi
Sejak terbentuk enam tahun lalu, CWC terus menebarkan semangat berkarya, berprestasi, dan berbagi kepada semua anggotanya yang kini sudah mencapai 365 orang dari berbagai usaha dan profesi. Salah satu yang sering komunitas ini lakukan adalah melakukan perjalanan ke berbagai daerah dan bersinergi dengan usaha kecil menengah (UKM) yang ada di daerah tersebut. Baru-baru ini CWC melakukan kunjungan ke Sumatera Barat dan mengunjungi UKM yang ada di Bukittinggi, Sawahlunto, dan Nagari Sulit Air.
Selama kunjungan tersebut, mereka saling berbagi inspirasi tentang bagaimana meningkatkan penjualan dan kualitas produk sehingga bisa menembus pasar nasional bahkan internasional.
”Saya sangat senang dengan kedatangan rombongan CWC ke Bukittinggi karena hal ini tidak hanya bisa menjadi motivasi para peserta pelaku UKM di kota ini tapi juga meningkatkan gairah mereka dalam berbisnis. Bukittinggi juga memiliki potensi besar dalam menghasilkan produk-produk fashion yang bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia, terutama tenunan pandaisikek dan bordir,” ujar Wali Kota Bukitinggi H.M. Ramlan Nurmatias, S.H.
Sedangkan Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf juga merasa bangga karena kain tenun silungkang kini mendunia berkat sinergi yang dilakukan dengan CWC lewat Feny Mustafa. Berkat tangan kreatif Feny bersama label fashion miliknya, Shafira, kain tenun silungkang dikenal hingga ke New York.
Selain melakukan kunjungan ke berbagai daerah, CWC juga sering melakukan kegiatan sosial, baik untuk warga Bandung hingga kota lain. Bagi mereka, karya dan prestasi tidak ada artinya tanpa berbagi dengan sesama.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

June 2016
M T W T F S S
« May   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

noormagazine © 2019 All Rights Reserved