Doa Anak yang Bukan Anak Kandung

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya ingin minta penjelasan tentang 3 amal manusia yang tidak terputus setelah meninggal, salah satunya anak saleh yang mendoakan orang tuanya. Saya hingga kini belum dikaruniai anak kandung, tapi memiliki anak tiri dari suami (2 orang), anak angkat dan anak asuh. Apakah doa-doa mereka akan bernilai sama dengan doa anak kandung, yakni bisa menjadi amal yang tidak terputus jika saya nanti sudah meninggal ? Terimakasih.

Wassalam.

Arimbi, Bandung.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Ibu Arimbi yang baik.

Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan yang kurang lebih sama dari beberapa ibu yang tidak dikaruniai anak kandung karena gamang memaknai hadis yang ibu sebutkan yakni  “Jika anak Adam meninggal, putus amalnya kecuali tiga, yakni shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim )

Mari kita memahami hadis ini secara jernih. Hadis ini adalah dalil yang memotivasi manusia untuk berbuat kebaikan yang bermanfaat jangka panjang selama hidupnya, karena kebaikan yang dilakukan itu akan terus menghasilkan pahala, sekalipun ia sudah meninggal. Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh adalah perbuatan baik yang bisa diibaratkan sebagai tanaman yang ditanam sewaktu seseorang masih hidup, dan tanaman itu tetap ada serta berbuah meskipun sang penanam sudah meninggal. Sangat pantas jika sang penanam mendapatkan hasil dari apa yang ditanam dengan segala jerih payahnya selama ia masih hidup. Dalam riwayaat yang lain disebutkan amal-amal lain yang pahalanya tetap mengalir kepada orang yang sudah meninggal, seperti menggali sumber air yang digunakan orang banyak, menanam pohon yang bermanfaat bagi manusia, binatang dan lingkungan hidup, dan lain-lain. Intinya, semua kebaikan yang dilakukan dan dihasilkan manusia akan terus menghasilkan pahala selama  hal itu terus bermanfaat.

Hadis di atas tidak bisa dijadikan dalil bahwa doa anak yang bukan anak kandung tidak sampai. Sebab, al-Qur’an sendiri secara jelas mengajarkan agar kita memohonkan ampunan dan mendoakan saudara seiman yang telah mendahului kita, kita kenal, maupun tidak. (QS al-Hasyr/59:10).

Edisi II Tahun 2013

 

Majalah NooR Edisi II Tahun 2013

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

August 2013
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

noormagazine © 2018 All Rights Reserved