14 Makanan Wajib Dikonsumsi Untuk Kesuburan

Memiliki buah hati pasti menjadi keinginan besar hampir semua pasangan yang  menikah. Makanan seperti yang sebaiknya dikonsumsi agar Anda dan suami  segera menimang momongan?

 

 

Setelah menjalani masa-masa bulan madu, kehadiran si kecil sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda yang siginfikan. Padahal Anda dan suami ingin segera menikmati indahnya pengalaman baru menjadi orang tua. Upaya untuk memeriksakan diri ke dokter sudah dilakukan. Anda dan suami dinyatakan sehat, tidak bermasalah! Tapi kenapa si kecil tak kunjung hadir juga? Tanpa sadar kekhawatiran dan kecemasan mulai menghinggapi benak Anda berdua. Apalagi ketika perjalanan pernikahan telah melewati hitungan bulan, dan sebentar lagi akan memasuki bilangan tahun.

Kalau sudah begitu upaya apa yang perlu dilakukan? Selain tetap berdoa dan berpasrah diri pada Yang Maha Kuasa, tentu perlu diimbangi dengan upaya yang optimal. Mulai dari menerapkan pola hidup sehat baik spiritual, mental, maupun fisik, seperti istirahat yang cukup serta bisa mengatasi tekanan stress. Satu faktor lagi yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola dan jenis asupan makanan. Pasalnya, makanan yang tepat bisa menambah kesuburan Anda dan suami. Sebaliknya, ada makanan tertentu yang bisa mengganggu kesuburan serta gairah Anda dan suami. Bahkan mungkin pula mengandung zat-zat yang kontra produktif.

Nah, makanan seperti apa yang wajib dikonsumsi Anda dan suami? Zat-zat seperti apapula yang harus dihindari?

 

14 Makanan Wajib Dikonsumsi

1.Gandum

Karbohidrat kompleks dari roti gandum dan oatmeal, selain kaya akan zat Omega 3 juga mengandung karbohidrat dan protein nabati yang rendah kadar insulinnya. Bahan makanan ini bahkan bisa mengontrol hormon suami. Pasalnya biji-bijian ini banyak mengandung zinc yang diperlukan untuk pembentukan lapisan luar sperma. Sebaliknya, karbohidrat olahan yang bersumber dari roti dari tepung, nasi putih, atau tepung yang diputihkan mempengaruhi kadar insulin secara dramatis.

 

 2.Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis, kacang polong, wijen, biji labu, dan kacang tanah sangat baik untuk meningkatkan kesuburan serta produksi sel. Bahan makanan tersebut kaya akan protein nabati, asam lemak, dan Vitamin E yang penting untuk memproduksi sel sehat. Kacang-kacangan juga mengandung kadar zat besi tinggi yang baik untuk membantu kesuburan.

 

 3.Produk Susu Penuh Lemak

Mungkin sulit membayangkan mengonsumsi produk yang terbuat dari susu yang kadar lemaknya tinggi seperti susu itu sendiri, yogurt, atau es krim. Nyatanya makanan tersebut baik untuk meningkatkan kesuburan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menemukan fakta bahwa perempuan yang mengonsumsi produk susu full lemak lebih sedikit bermasalah dalam hal ovulasi. Malahan makanan seperti ini mengandung kalsium serta zat nutrisi yang penting untuk kesuburan. Meski begitu dianjurkan pula untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

 

4.Buah

Buah segar kaya akan zat anti oksidan, beta karoten, magnesium, vitamin E, dan asam folat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan organ reproduksi. Misalnya kiwi dan jeruk yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, baik untuk meningkatkan pergerakan sperma,  mencegah penggumpalan,  serta meningkatkan ovulasi. Sementara alpukat mengandung asam folate yang merupakan nutrisi penting di saat pre kehamilan serta bermanfaat mencegah terjadinya cacat pada saat kelahiran. Adapun nanas merupakan sumber mangan alami yang penting untuk mengaktifkan enzim pemicu produksi berbagai hormon reproduksi. Jika mangan rendah maka sang ibu akan mengalami kesulitan untuk hamil. Vitamin C dari nanas juga dapat mengobati impotensi. Buah delima mampu menyeimbangkan hormon pada istri.

 

5.Sayuran Berwarna

Sayuran yang mengandung pigmen atau zat warna seperti orange dan merah, kaya akan kandungan zat beta-karoten yang merupakan sumber Vitamin A. Begitu juga dengan sayuran yang berwarna hijau tua. Mengandung asam folat yang baik untuk meningkatkan jumlah sperma dan menjaga kekentalannya. Untuk itu konsumsilah sayuran antara lain seperti wortel, labu, brokoli, selada, buncis, bayam, tomat, dan tomat, dan kubis merah. Termasuk seledri yang menghasilkan estrogen.

 

6.Salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang penting dalam membantu produksi hormon. Zat ini membuat aliran darah ke organ vital menjadi lancar sehingga produksi sperma menjadi lebih optimal.

 

Baca Selengkapnya di Majalah NooR Edisi Wedding 2013

 

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

July 2013
M T W T F S S
« Jun   Aug »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

noormagazine © 2017 All Rights Reserved