ABAD, ABID, ABDI, ABADI

Abad, abid, abdi, abadi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), abad diartikan “masa seratus tahun; jangka waktu yang lamanya seratus tahun; zaman yang lamanya tidak tentu; masa yang kekal, tidak berkesudahan”. Dalam KBBI, abdi juga diartikan “orang yang taat kepada Tuhan; orang yang saleh.” Kata abid dengan pengertian kedua ini sangat identik dengan kata abdi yang berarti “hamba”.

Menurut sejarahnya, kata abad, abid, abdi dan abadi sejatinya berasal dari bahasa Arab. Kata abad dan abadi dirujuk dari kosakata Arab, yaitu abad atau aabaad. Dalam kamus besar bahasa Arab, Lisaan al-’Arab, abad diartikan sebagai ad-dahr, berarti “masa; zaman yang tidak tentu lamanya”. Sedangkan aabaad merupakan bentuk jamak atau plural dari abad. Selain itu, abad juga diartikan dalam ad-daaim, artinya “kekal; tidak berkesudahan”. Kata abad juga sering digunakan sebagai sinonim dari kata tawahhsuy, yang berarti “liar; kesendirian, kesepian yang membuat asing dan tidak nyaman”.

Sedangkan kata abid dan abdi dirujuk dari kosakata Arab, yaitu ‘aabid dan ‘abdiyy. Keduanya berasal dari akar kata ‘abada, berarti “beribadah; menghamba.” Ibn Faris dalam Mu’jam Maqaayiis al-Lughah menyebutkan, kata bentukan tiga huruf dasar ‘ain ba-dal menunjukkan dua simpul makna yang berlawan satu sama lain.

 

Baca Selengkapnya di Majalah NOOR edisi Juni – Juli TH. X/2012 Sya’Ban 1433

 

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Al-Qur’an dan Hadits hari ini.

Sampaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu (HR Abu Dawud & Tirmidzi)

August 2012
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

noormagazine © 2014 All Rights Reserved